10 Makanan Indonesia paling popular di pelusuk dunia


Tidak hanya memiliki keindahan tropis dan tempat wisata yang spektakuler, Indonesia juga memiliki makanan khas yang sudah banyak dikenal di mancanegara. Tentunya kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia dengan prestasi tersebut.

Di negara-negara lain, makanan khas Indonesia dianggap sangat lezat dan sangat jarang ditemui di belahan negara manapun. Bahkan para turis mancanegara rela datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi berbagai jenis makanan khas Indonesia

Kita yang tinggal di Indonesia ini pasti sudah sangat sering menemui berbagai macam makanan Indonesia dan tidaklah jarang kita merasa bosan untuk makan makanan khas tersebut. Tapi ternyata ada banyak makanan Indonesia yang sangat terkenal di luar negeri. Berikut 10 makanan Indonesia yang paling terkenal di luar negeri:

10. Martabak
Makanan ini dikenal wisatawan luar negeri sebagai pancake (adonan) yang berasal dari Indonesia, dan dilihat sebagai hidangan makanan penutup. Martabak memiliki 2 jenis Martabak manis dan telur, martabak manis memiliki bahan utama adonan cair yang kemudian di oleskan pada panci, seperti penyajian pancake, kemudian di isi dengan coklat, susu, keju, kacang, dll. Martabak telur terbuat dari adonan padat dimana adonan ini di lebarkan hingga tidak terlalu tipis, kemudian di goreng pada sebuah panci besar, di isi dengan campuran berupa telur, daging ayam / sapi, bawang, dan bumbu pelengkap lainnya, di hidangkan dengan asinan timun di campur dengan saus asam cuka.

9. Siomay
Makanan yang konon berasal dari Mongolia, Cina ini dikenal sebagai dimsum versi Indonesia. Cara penyajian dari siomay versi Indonesia ini juga berbeda yakni berbahan dasar ikan umumnya di campur dengan sagu atau tapioka, anda dapat menggunakan daging lain pada siomay seperti ayam, udang, kepiting. Siomay biasa memiliki makanan pelengkap seperti tahu goreng / kukus, kentang kukus, kubis, telur ayam kemudian di hidangkan bersama saus kental yang di buat dari bahan dasar kacang dicampur dengan kecap ataupun sambal. Nah bumbu kacang inilah yang disebut-sebut merupakan khas Indonesia.

8. Nasi Uduk
Nasi yang memiliki aroma khas ini berasal dari Jakarta, rasanya yang gurih di karenakan cara proses memasaknya yang menggunakan santan kelapa kemudian di kukus. Makanan ini pada umumnya di hidangkan dengan beberapa makanan pokok lain seperti, tempe, tahu, ayam goreng/bakar, telur dadar/irisan. biasanya di iringi dengan saus sambal berupa cabe ijo / merah.

7. Soto
Makanan tradisional sup dengan kuah kental atau beningnya ini sangat terkenal ternyata sebagai makanan santapan siang hari bagi para turis luar negeri. Umumnya soto terbuat dari kuah kari kental berupa campuran santan ataupun susu, kemudian di isi dengan campuran bahan seperti daging ayam atau sapi, bawang goreng, mie, telur, kerupuk, tomat, dan banyak lainnya. Variasi soto di Indonesia bermacam-macam seperti Soto Kudus yang berasal dari jawa tengah, Soto Betawi dari Jakarta, atau Soto Makasar dari Sulawesi.

6. Pempek
Asal usul makanan ini ternyata juga berasal dari para pedagang china yang berkelana ke palembang. Nama awal dari pempek ternyata berasal dari sebutan 'apek' (lelaki tua) yang berasal dari china, pada saat itu apek ini tinggal di tepian sungai dimana tangkapan ikan pada saat itu sangat berlimpah sehingga masyarakat pada saat itu menyajikan makanan ini di goreng atuapun di pindang, lelaki tua ini mencari alternatif lain dalam pengolahan penyajian bahan makanan ikan ini, dimana ia mencampur daging ikan giling dengan tapioka sehingga terciptanya la pempek.

Makanan ini memiliki berbagai macam bentuk umumnya besar / kecil dengan sebutan pempek kapal selam yang pada ukuran besar biasanya berisi telur, bulat di goreng / kukus, lonjong. dengan kuah berupa campuran cuka.

5. Gado-Gado dan Ketoprak
Gado-gado dan ketoprak khas Indonesia ini sering disebut-sebut sebagai salah satu salad populer yang berasal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan bahan utama Gado-gado dan ketoprak yang kebanyakan sayuran. Umumnya gado-gado memiliki bahan sayuran seperti, kol, bayam, toge, kangkung, kacang, kemudian ditambahkan dengan ketupat. Ketoprak memiliki bahan berupa tahu, nasi, toge, timun, bihun. Umumnya saus yang digunakan berupa saus kacang di tambahkan dengan kerupuk sebagai sajian sampingan.

4. Nasi Goreng
Hidangan ini sudah pasti tidak asing lagi kuliner yang sangat sering ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, Anda dapat menemukan hidangan ini di berbagai restoran Indonesia, hingga pedagang kaki lima. Hidangan nasi goreng yang berasal dari asia dikenal memiliki rasa manis yang berasal dari saus kecap manis. Nasi goreng memiliki bahan dasar berupa nasi, yang kemudian di tumis pada suhu tinggi, di campur dengan telur dan bumbu dapur lainnya, kemudian di hindangkan dengan acar umumnya, namun dapat di tambahkan dengan macam-macam makanan lain seperti daging ayam/sapi, udang, telur dadar, sayuran, dll. Variasi nasi goreng yang paling banyak di nikmati yaitu Nasi Goreng Gila, dimana cara penyajian dari nasi goreng ini di campur dengan berbagai macam bahan seperti sosis, daging bakso, sayuran, dll.

3. Bakso
Tahukah Anda bahwa asal usul makanan bakso ini ternyata berasal dari para pedagang Cina. Pada saat itu bahan pokoknya yang tidak halal berupa babi membuat makanan ini tidaklah popular, namun setelah interaksi antara masyarakat Indonesia dan pedagang china, dirubahlah bahan dasar dari pembuatan bakso menjadi daging sapi ataupun ayam hingga akhirnya dapat dinikmati masyarakat pada saat itu. Makanan ini menjadi populer beberapa saat lalu ketika presiden amerika Barrack Obama mengingat makanan ini merupakan salah satu favorit dirinya ketika mengunjungi Indonesia. Umumnya bakso berbentuk bulat seperti bola golf, dalam ukuran besar atau pun kecil, biasanya untuk ukuran besar terdapat isi berupa telur. 

2. Sate
Makanan yang di tusuk menggunakan tusukan bambu/kayu ini ternyata adalah makanan yang diminati orang-orang luar negeri saat datang ke Indonesia. Daging yang di gunakan sebagai bahan pokok dari pembuatan sate pun bermacam-macam seperti ayam, kambing, kelinci, dll. Namun umumnya yang di sediakan di restoran ataupun jajan pedagang yaitu sate ayam dan kambing. Saus dari Sate pun yang paling umum terbuat dari kacang, dan kemudian terdapat juga saus bumbu kecap dengan campuran bawang merah, cabe hijau / merah, dan tomat.

1. Rendang
Makanan yang merupakan ciri khas dari daerah asal Padang, Sumatra ini ternyata sangat terkenal oleh turis dari luar negeri. Bahkan rendang menjadi makanan terenak dunia nomor 1 di beberapa halaman situs populer. Umumnya rendang terbuat dari bahan daging sapi, namun dapat juga di gunakan daging lain seperti kambing, ayam, dan banyak lainnya. Cara pembuatan rendangpun terbilang sulit di karenakan proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama, dimana daging ini harus di masak hingga kering, sehingga bumbu dapat menyerap ke dalam daging dan membuat lembut daging rendang. Kelembutan dan bumbu inilah yang memberikan rasa enak tersebut.

0 comment... add one now