Header Ads

Top 10 Raja minyak yang terkaya di dunia

I. Charles and David Koch.
Total kekayaan: Masing-masing senilai US$ 34 miliar

Dua bersaudara, Charles dan David Koch mencetak uang dengan cara kuno yaitu warisan keluarga. Perusahaan keduanya, Koch Industries didirikan ayahnya, Fred Koch yang berhasil mengembangkan cara baru untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak.
Meski memiliki empat anak, hanya David dan Charles yang kini memimpin berbagai Koch Industries. Perusahaan tersebut tercatat sebagai perusahaan swasta kedua terbesar di AS dengan total penjualan per tahun mencapai US$ 115 miliar.
Kedua bersaudara ini tak pernah sungkan berbicara pada media dan terkenal pemurah. Dari perusahaan warisan keluarga itu, David dan Charles masing-masing mencetak total kekayaan senilai US$ 34 miliar.




II. Mukesh Ambani
Total kekayaan: US$ 21,5 miliar

Pengusaha minyak asal India ini merupakan orang terkaya di negerinya. Saat ini Ambani memimpin Reliance Industries, perusahaan minyak yang didirikan ayahnya.
Meski Reliance Industries mulai merambah industri tekstil, tetapi di bawah kepemimpinan Ambani, perusahaan tersebut telah menjadi pemain besar di dunia perminyakan.



Reliance tercatat sebagai pemilik kilang terbesar di dunia. Perusaan warisan keluarga ini juga memiliki investasi yang kuat di bidang telekomunikasi dan eksplorasi gas.Di luar bisnisnya, Ambani dikenal sebagai salah satu pengusaha pemilik properti termahal di dunia.


III. Mikhail Fridman
Total kekayaan: US$ 16,5 miliar

Pria kelahiran Ukraina ini merupakan pemegang saham ketiga terbear di Alfa Group Rusia. Bersama beberapa rekan bisnisnya, Fridman mendirikan perusahaan patungan di bidang minyak.
Belajar di Moscow, pria berusia 49 tahun ini berupah menjadi miliarder setelah berkecimpung di dunia bisnis berkat perusahaan minyak TNK-BP yang berdiri pada 2012.

Selain bisnis minyak, Fridman juga menjadi pemegang saham di perusahaan operator mobile terbesar di Ukraina, Kyivstar, dan perusahaan telekomunikasi Turkstar.




IV. Viktor Vekselberg.
Total kekayaan: US$ 15,1 miliar

Pengusaha minyak super kaya asal Rusia, Viktor Vekselberg sangat berbeda dengan rekan bisnisnya yang lain. Dia dikenal sebagai profil yang rendah hati meski merupakan salah satu orang terkaya di dunia.
Perusahaan minyak yang didirikan TNK-BP yang didirikannya bersama rekan bisnis lain telah menjadi sumber kekayaannya.
Selain itu, dia juga dikenal akrab dengan Presiden Rusia.
Sama seperti miliarder lainnya, pria ini sangat menyukai karya seni. Dia bahkan tak ragu-ragu membeli salah satu karya seni besar dunia senilai US$ 100 juta.


V. Vagit Alekperov
Total kekayaan: US$ 14,8 miliar

Satu lagi pengusaha minyak asal Rusia Vagit Alekperov, yang menjadi salah satu miliarder dunia. Di usianya yang ke 63, hampir sepanjang hidupnya dihabiskan untuk berkarir.
Dia memulai karirnya di pengeboran minyak Uni Soveit. Setelah itu karirinya terus menanjak hingga dia berhasil menjadi presiden di LUKoil pada 1992 dan menjadi CEO pada 1993.
Kekayaan dan kerajaan minyaknya akan diwariskan pada sang anak agar menjadi bisnis keluarga secara turun menurun.


VI. Mohammed Al Amoudi
Total kekayaan: US$ 13,5 miliar

Pria kaya yang mereguk keuntungan besar dari industri minyak yang satu ini tidak berasal dari Rusia melainkan Arab Saudi. Negara asal Mohammed Al Amoudi itu memang merupakan eksportir minyak terbesar di dunia.
Al Amoudi memiliki dua kewarganegaraan mengingat Ibunya berasal dari Ethiopia dan sang ayah merupakan penduduk Arab Saudi.
Dengan kilang minyak di Moroko, Arab Saudi, dan Swedia, Al Mpudi memiliki saham senilai 70% di National Oil Company of Ethiopia.
Bersama bisnis minyaknya, Al Amoudi juga berinvestasi di bidang minyak dan memiliki sejumlah properti seperti hotel di beberapa negara.


VII. German Khan
Total kekayaan: US$ 10,5 miliar

Khan merupakan pengusaha minyak asal Rusia yang berprofesi sebagai direktur eksekutif TNK-BP. Khan berhasil menarik pendapatan senilai US$ 3,3 miliar dari perusahaan minyak milik negara Rosneft yang dikendalikannya.



Khan merupakan lulusan Moscow State Institute of Steels and Alloys tempat dia bertemu dengan teman-teman yang kemudian menjadi rekan bisnisnya. Khan dikenal sebagai pengusaha yang selalu bekerja keras memperoleh apapun yang diinginkannya.


VIII. Roman Abramovich
Total kekayaan: US$ 10,2 miliar

Roman Abramovich merupakan salah satu pengusaha minyak besar yang pernah menjaid orang terkaya di Rusia. Dia merupakan anak yang lahir sebagai yatim piaut dan kemudian tidak lulus dari perguruan tinggi.


Namun dia mampu mencetak rangkaian transaksi minyak bernilai besar di Rusia sepanjang 1990-an. Selain di perusahaan minyak, Abramovich juga memiliki saham di sejumlah perusahaan baja, alumunium dan emas.
Dia juga merupakan pemilik salah satu klub bola ternama di dunia, Chelsea dan juga kapal pesiar terbesar di dunia. Saat ini, dia tengah menjalin hubungan asmara dengan Dasha Zhukova, anak dari pengusaha minyak yang juga merupakan rekan bisnisnya.


XI. George Kaiser
Total kekayaan: US$ 10 miliar

George Kaiser merupakan pengusaha minyak besar asal Amerika Serikat. Berbeda dengan nama-nama yang telah lebih dulu populer Rockefeller dan Guggenheim, keluarga Kaiser cenderung tiba lebih lambat di dunia perminyakan AS.
Setelah berhasil melarikan diri dari Nazi Jerman, keluarga Kaiser menetap di Tulsa, Oklahoma. Di tempat itulah, Kaiser mewarisi kekayaan minyak besar keluarganya.



Saat ini dia berhasil mengendalikan Bank of Oklahoma dan terus mengawasi ekstraksi minyak dari ladang-ladang di Amerika Serikat dan Kanada. Keluarganya juga dikenal sangat dermawan dengan menyumbang dana sebesar US$ 3 miliar pada masyarakat yang tidak mampu.


X. Alexei Kuzmichev
Total kekayaan: US$ 8,2 miliar

Sebagai pria terkaya ke-17 di Rusia, Kuzmichev merupakan pengusaha pertama yang berasal dari keuturnan bangsawan. Bersama teman-teman kuliahnya, Kuzmichev mnedirikan Alfa Group. Ketiga teman lainnya juga mencatatkan namanya di jajaran orang terkaya dunia.


Perusahaan tersebut merupakan pengelola dana terbesar di Rusia. Setelah bersama-sama menjalankan perusahaan minyak TNK-BP pada 2012, dia berhail mencetak penjualan sendiri senilai US$ 3,5 miliar. 

No comments

Powered by Blogger.